Senin, 17 Agustus 2009

Asal nama "Indonesia"

Hari ini tepat 64 tahun Indonesia merdeka, tapi masih banyak orang Indonesia yg gak tau asal mula nama "Indonesia" itu dari mana,

Berikut gue kasih informasi mengenai asal mula nama "Indonesia" (yg jelas bukan dari reg spasi jeneng! Hehe..)

Kata Indonesia berasal dari kata Latin "indus" yg berarti Hindia dan kata Yunani "nesos" yg berarti pulau. Istilah Indonesia ditemukan oleh seorang ahli etnologi Inggris bernama James Richardson Logan pada tahun 1850 dalam ilmu bumi.

Istilah ini digunakan juga oleh G.W. Earl dalam bidang etnologi, yg menyebut Indonesians dan Melayunesians bagi penduduk kepulauan melayu. Pada tahun 1862, istilah Indonesia digunakan oleh seorang Inggris bernama Maxwell dalam karangannya berjudul The Island of Indonesia. Istilah Indonesia semakin populer ketika seorang ahli etnologi Jerman bernama Adolf Bastian menggunakan istilah Indonesia pada tahun 1884 dalam hubungannya dengan etnologi.

Barulah Kongres Pemuda II pada tanggal 29 Oktober 1928 mencantumkan nama Indonesia dalam Sumpah Pemuda. Kemudian, istilah Indonesia secara resmi digunakan pada tanggal 17 Agustus 1945 dengan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

(diambil dari berbagai sumber)


Sent from my BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar